Webinar Desain Pengembangan Modul Ajar Model Pembelajaran Ganda
Model dan Desain Pembelajaran diHarapkan Menyesuaikan dengan Level Perkembangan Anak Ini Penting termasuk Desain Pengembangan LKPD dan Penerapan Model Pembelajaran Ganda
Aspek Pembeda |
Anak SD |
Anak SMP |
Anak SMA |
Perkembangan
Dalam Sikap Kognitif |
Belajar
sambil bermain, inilah sebuah atmosfer yang
senantiasa diinginkan oleh anak-anak usia SD. Mereka sangat bosan bila hanya
duduk berjam-jam mendengarkan pengajaran guru pengajar di depan kelas,
apalagi jika kreatifitas pengajaran kurang sejalan dalam mendukung
pembelajaran anak. |
Siswa SMP, perkembangan
kognitif utama yang dialami adalah formal operasional, yang mampu berpikir
abstrak dengan menggunakan simbol-simbol tertentu atau mengoperasikan
kaidah-kaidah logika formal yang tidak terikat lagi oleh objek-objek yang
bersifat konkrit, seperti peningkatan kemampuan analisis, kemampuan
mengembangkan suatu kemungkinan berdasarkan dua atau lebih kemungkinan yang
ada, kemampuan menarik generalisasi dan inferensasi dari berbagai kategori
objek yang beragam. |
Peningkatan efisiensi
dalam perolehan informasi yang baru. Sebagai contoh, pada masa dewasa awal
terdapat perubahan dari
mencari pengetahuan menuju menerapkan pengetahuan, menerapkan apa
yang sudah diketahui, khususnya dalam hal penentuan karier |
Tidak ada komentar